google8e706b55941b4797.html More Than Geography: Representasi Relief pada Peta

Rabu, 21 September 2011

Representasi Relief pada Peta

         Secara sederhana relief dapat diartikan sebagai suatu konfigurasi nyata dari permukaan bumi, yaitu perbedaan-perbedaan dalam ketinggian dan kemiringan permukaan bumi. Relief dipresentasikan dengan cara membuat garis yang menghubungkan titik di permukaan bumi yang mempunyai ketinggian yang sama (garis tersebut di sebut garis kontur), dan cara demikian disebut juga dengan contouring. Pembuatan garis kontur pada prinsipnya dilakukan secara logika yaitu dengan cara interpolasi terhadap titik-titik hasil pengukuran di lapangan (karena tidak mungkin semua titik di lapangan kita lakukan pengukuran secara langsung ketinggiannya). Interpolasi itu sendiri di bagi menjadi dua yaitu interpolasi linier (cara interpolasi garis kontur mempergunakan hitungan pada garis) dan interpolasi secara grafis (membagi garis menggunakan garis lain dengan ukuran lebih mudah lalu di garis dengan mempergunakan prinsip garis sejajar untuk mendapatkan ukuran yang sebanding). Beberapa kegunaan dari garis kontur adalah untuk mengetahui bentuk lereng, besarnya kemiringan lereng dan menunjukkan bentuk relief. Garis kontur yang rapat menunjukkan bentuk lereng yang terjal dan garis kontur yang renggang menunjukkan bentuk lereng yang terjal atau curam dan sebaliknya.

         Agar kesan tiga dimensi muncul dalam dalam merepresentasikan relief suatu kenampakan (dengan garis kontur hanya timbul kesan dua dimensi), maka dipakailah cara hill shading, layer shading dan blok diagram. Prinsip pembuatan hill shading adalah memberi bayangan pada suatu gambaran relief pada garis kontur, sedangkan layer shading menggunakan prinsip skala warna untuk mencerminkan ketinggian.

1 komentar:

Blogger mengatakan...

In this fashion my partner Wesley Virgin's story starts in this shocking and controversial video.

As a matter of fact, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he discovered hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to obtain anything they want.

These are the EXACT same tactics lots of celebrities (especially those who "come out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

You probably know how you utilize only 10% of your brain.

That's really because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

Perhaps that conversation has even occurred INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around 7 years back, while riding an unregistered, garbage bucket of a car without a driver's license and with $3.20 on his banking card.

"I'm very fed up with going through life paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"

You took part in those conversations, ain't it so?

Your own success story is going to start. You need to start believing in YOURSELF.

CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

Posting Komentar

mohon kritik dan saran yang membangun