google8e706b55941b4797.html More Than Geography: Definisi Kartografi

Rabu, 21 September 2011

Definisi Kartografi

Kartografi adalah seni, ilmu pengetahuan dan teknologi tentang pembuatan peta-peta,sekaligus mencakup studinya sebagai dokumen-dokumen ilmiah dan hasil karya seni (ICA, 1973). Dalam konteks ini peta dianggap termasuk semua tipe peta , plan (peta skala besar), charts, bentuk tiga dimensional dan globe yang menyajikan model bumi atau sebuah benda angkasa pada skala tertentu . Peta itu sendiri menurut ICA (1973) adalah suatu representasi /gambaran unsure-unsur atau kenampakan-kenampakan abstrak , atau yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, dan umumnya digambarkan.


Dari definisi di atas dapat dimengerti bahwa tugas seorang kartografer adalah membuat peta, yaitu merancang peta (map design) yang meliputi desain simbol (symbol design), tata letak peta (map lay-out), isi peta (map content),dan generalisasi (generalization).Peta adalah sutu media komunikasi grafis yang berarti informasi yang diberikan dalam peta berupa suatu gambar atau simbol.

Secara sederhana imbol dapat diartikan sebagai suatu gambar atau tanda yang mempunyai arti atau makna tertentu. Simbol dalam peta memegang peranan yang sangat penting, bahkan dalam peta-peta khusus atau peta-peta tematik simbol merupakan informasi utama untuk menunjukkan tema suatu peta. Menurut bentuknya simbol dapat dikelompokkan menjadi simbol titik, simbol garis dan simbol area atau bidang, sedangkan wujud simbol dalam kaitannya dengan unsureyang digambarkan dapat dibedakan menjadi abstrak, setengah abstrak dan nyata atau pikorial. Simbol pikorial adalah suatu simbol yang dalam kenampakan wujudnya ada kemiripan dengan wujud unsure yang digambarkan, sedangkan simbol geometric adalah abstrak simbol yang wujudnya tidak ada kemiripan dengan unsur yang digambarkan. Disamping itu ada simbol yang menggunakan hurf atau angka.

Dan dalam peta itulah bisa memperluas sudut pandangan normal kita dan memungkinkanagar kita melihat hubungan keruangan (spatial relations) secara lebih luas yang terdapat pada daerah yang luas pula.Karena itulah untuk menghasilkan peta yang baik dan benar seorang kartografer sangat dibutuhkan untuk memperkecil fenomena yang sangat luas sehingga dapat menunjukkan karakteristik keruangan tersebut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

definisi kartografinya dong kak, yang menurut para kartografer

Posting Komentar

mohon kritik dan saran yang membangun